Senin, 19 Maret 2012

Donor Darah

mendengar kata donor darah yang terpikir adalah :
  • selang
  • kantung darah (ya iyalah namanya juga donor 'darah')
  • jarum suntik (itu pasti, setiap mendengar kata suntik aku pasti mengingat ibu dari mamaku yang masa mudanya suka dan pekerjaannya memang menyuntik orang, itulah sebabnya sampai sekarang ia dipanggil dengan nama nenek suntik bukan nama aslinya hehehe), 
  • dan tak lupa petugas PMI yang selalu masuk dalam daftar kelompok kata yang berkaitan dengan "donor darah".
tapi untuk aku ada penambahan satu kata yang menurutku juga sama dengan keempat kata diatas, kata itu adalah vampir (plis donk ahh jangan merinding) hehehe, entah mengapa pikiranku langsung mengingat satu cuplikan film yang pada saat itu istri sang vampir membutuhkan darah akhirnya mengambil dari kantung darah di RS #efektergilagilapadatwilight

Sebenarnya aku tidak ingin menjadi pendonor, selain takut jarum suntik yang tidak steril, aku juga takut gendut (aneh padahal sudah gendut), kata orang sekali menjdi pendonor pasti jadi semakin subur hahaha...
aku juga punya tekanan darah rendah dan suka pusing jadi sekali lagi aku takut jadi pendonor sampai kemarin minggu jam 11 siang, akhirnya aku berani juga mengambil kesempatan emas itu #weeks
mula2 isi biodata, eh gak denk makan bubur dulu malah (takut kalo tar pusing or tekanan darah rendahnya kumat) trus di cek hb darahx apakah memnuhi syarat diatas 12,5..seep darahnya tenggelam didalam larutan itu artinya memenuhi syarat (zink-nya bagus, itulah salah satu keuntungan aku suka makan sayur), habis itu ditensi dan akhirnya lolos...mulailah aku berbaring di tempat tidur dan eng ing eng aku ketahun gugup, denyut jantungku bener2 tak beraturan hahaha....seperti ada efek ada cowok yang nembak #bwahahaha double lebaaaayyyyy...
solusinya, aku putar mp3ku dan dengar lagunya pachelbels canon depapepe,sangat menenangkan..
jarum disuntikkan kekulitku dan keluarlah darah segar, ternyata tak sesakit yang kubayangkan..
kulihat kantung darahnya, lumayan agak besar, teryata td pagi kantung darah kecil sudah habis tinggal 350 ml itulah yang dipakai untukku sekarang
sambil menunggu kantung darahnya penuh, aku menanyakan beberapa permasalahan darah seperti rhesus, dan macam2 golongan darah..aku baru tau ternyata di dunia bukan hanya 4 golongan darah, ada bermacam-macam golongan darah salah satunya namanya kid, bukan karna ditemukan pada anak2 tapi memang penemunya bernama kid, makanya dipatenkan menjadi golongan darah kid..wew keren juga ya..
darah yang diambil juga hanya bisa bertahan 35 hari sesudah itu tidak bisa diawetkan lagi..


okey akhirnya selesai..aku masih tiduran 5 menit, takut terjatuh seperti lelaki kekar di ujung sana yang ternyata hilang kesadaran sehabis donor hahaha...

setelah  meminta handyplast dan minum (aku memang suka minum air putih..berapapun banyaknya),
aku dikasi bungkusan/makanan baik dari PMI (ini ternyata PMI Bojonegoro) maupun dari gereja..

ada bapak2 yang menjadi pasien terakhir mengambil semua jajan itu bahkan bubur kacang ijonya dan memberikan pada 2 anaknya yang menunggunya dari tadi...heemm jadi ingat filmnya jet li dulu, ia mendonorkan darahnya untuk mendapatkan uang, ataupun hanya makanan..

weew bapak ini..berpikir apakah semua orang tua berpura-pura tampak kuat diluar???tolonglah para anak jika kau sudah beranjak remaja janganlah terlalu egois..

aku akhirnya berpikir mungkin aku tidak punya uang sebanyak orang yang membagi-bagikan uang ataupun barang, tapi mudah-mudahan aku bisa terus mendonorkan darah..memberikan setidaknya sedikit kehidupan kepada yang membutuhkannya. Ini perbuatan yang sangat kecil tapi kupikir semakin banyak yang melakukannya semakin baik buat orang yang membutuhkannya..
tak apalah image gemuk melekat pada pendonor jika kau mempunyai kepuasan untuk berbagai, menurutku apa pedulimu??badan-badanku, yang susah milih baju juga aku, trus masalah buat lo? (meniru ucapah shoimah hahaha)

Tidak ada komentar: